|  
Pertanyaan dari Bowo
Senin, 22 Juli 2019 - 09:03:34

Kemarin saya cek darah hbsag non reaktif bilirubin urin negatif normal, kata dokter gada apa2 hatinya tp anemia. Terus kenapa kadang masih suka ada sesuatu di perut disertai meriang dikit2... Apa saya harus cek lg ato efek obat penambah darah?

Dokter Menjawab :

Yth. Bapak Bowo,

Saat ini liver bapak dalam kondisi baik.  

Kami perlu mendapatkan info lebih lengkap untuk jenis obat yang dikonsumsi.  Karena obat anti anemia jenis Sulfas Ferous dapat memberi efek samping gangguan pencernaan seperti mual, muntah, konstipasi dan juga  nyeri epigastrium. 

Sebaiknya Bapak Bowo kembali memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan keluhan yang dialami saat ini. Jika diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG abdomen, dll. Semoga info ini bisa membantu dan semoga lekas sembuh.

Best Regards

dr. Wijayani Mardiana, M.Med

Pertanyaan dari Oki
Minggu, 23 Juni 2019 - 15:14:37

Halo dok saya wanita usia 26 dan sedang hamil, kemarin saat pemeriksaan laboratorium hasil Hbsag reaktif dan disarankan oleh bidan mengkonsumsi curmino, pertanyaan saya : 1. apakah curmino aman untuk dikonsumsi ibu hamil? 2. Apakah saya perlu melakukan pemeriksaan lanjutan? Terimakasih

Dokter Menjawab :

Yth. Ibu Oki,
Pertama-tama saya ucapkan selamat atas kehamilannya. HbsAg reaktif bermakna bahwa di dalam tubuh ibu terdapat virus Hepatitis B yang sedang aktif bereplikasi (berkembang biak). Virus hepatitis B dapat merusak sel-sel hati yang bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti radang hati, sirosis hepatis dan kanker hati. 
1. Ekstrak temulawak terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya regenerasi sel-sel hati dan menurunkan enzim hati. Selama ini belum ditemukan efek samping/dampak penggunaan ekstrak temulawak pada wanita hamil dan menyusui. 
2. Hepatitis B menular melalui darah, cairan tubuh penderita, hubungan seksual, dan transmisi dari ibu ke anak yang dikandung. Oleh karena itu saya sangat menyarankan ibu dan suami untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut (pencegahan/deteksi dini/terapi adekuat).
Sebaiknya ibu segera memeriksakan kehamilan ke dokter spesialis kandungan untuk mencegah penularan virus Hepatitis ke janin yang saat ini ibu kandung. Semoga info ini bisa membantu dan semoga lekas sembuh.

Best Regards
dr. Wijayani Mardiana, M.Med

Pertanyaan dari vera
Senin, 20 Agustus 2018 - 08:11:22

mengkonsumsi curmino plus neo untuk jangka panjang apakah tidak berbahaya untuk ginjal karena pengendapan. mengingat kapsul berisi serbuk temulawak dll.

Dokter Menjawab :

Yth. Ibu Vera

Curmino Plus Neo mengandung ekstrak Temulawak, sambiloto dan meniran. Ketiga herbal ini memiliki manfaat membantu kesehatan liver dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai penggunaan jamu pada gangguan kesehatan yang dialami saat ini silahkan datang ke tempat praktik saya. Semoga info ini bisa membantu dan semoga lekas sembuh.

Best Regards
dr. Wijayani Mardiana, M.Med

Pertanyaan dari imelda
Rabu, 23 May 2018 - 01:32:37

Mohon info dok, saat tes lab umur saya 39 tahun 11 bulan, hasil cek laboratorium, GPT saya 35 (rujukan 34), hemoglobin 8.9 (rujukan 11.7-15.5), hematokrit 30.1 (rujukan 35-47), MCV 68.4 (rujukan 80-100),MCH 20.2 (rujukan (26-34),MCHC 29.6 (rujukan 32-36),RDWCV 16.5 (rujukan 11.5-14.5),LED 30 (rujukan 20).Apakah saya terkena gangguan fungsi hati? Dan apa yang harus saya lakukan? mohon penjelasan dok, makasi sebelumnya

Dokter Menjawab :
Yth. Ibu Imelda. SGOT/ SGPT yang tinggi tidak selalu mengindikasikan bahwa terjadi gangguan pada fungsi hati, karena enzim terkait tidak hanya terdapat pada organ hati, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan SGPT meningkat. Dari hasil laboratorium yang ibu tunjukkan, saya menduga Ibu Imelda mengalami Anemia. Sebaiknya Ibu Imelda ke dokter untuk memastikan penyebab pasti Anemia yang saat ini dialami agar segera mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter. Semoga info ini bisa membantu dan semoga lekas sembuh.

Best Regards
dr. Wijayani Mardiana, M.Med

Pertanyaan dari Dian
Rabu, 28 Maret 2018 - 08:16:09

Saya perempuan umur 25th, hamil. Cek hbsag negatif (non reaktif), sgot 33 tp sgpt saya 40. Menurut dokter apakah masih normal jika hanya ggpt yg tinggi, mohon penjelasan dan solusinya dok. Terimakasih.

Dokter Menjawab :
Yth. Ibu Dian. Pada Ibu hamil, pemeriksaan HbsAg dilakukan untuk mengetahui sedini mungkin adanya virus Hepatitis atau tidak. Peningkatan SGOT dan SGPT dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Sebaiknya ibu Dian segera konsultasi ke dokter Spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat selama proses kehamilan. Semoga info ini bisa membantu dan semoga selalu sehat.

Best Regards
dr. Wijayani Mardiana, M.Med

« First< Prev123Next >Last »

Visit our page on Facebook
Follow us on Twitter
See our video