|  
Pertanyaan dari Akbar Rizki
Sabtu, 12 April 2014 - 11:06:15

dok, sy mau bertanya, beberapa hari yang lalu saya sakit panas kemudian ke dokter dan di diberi obat. akan tetapi ternyata dosis obat yg diberikan terlalu tinggi akibatnya sy mengalami keracunan obat (keluhan yg sy rasakan saat itu ulu hati saya sgt sakit, tidak bisa tidur semalaman, berdebar2, seluruh otot tubuh rasanya ngilu). setelah itu sy melakukan cek darah nilai sgot sy 54 (nilai rujukan <27) dan sgpt 37 (nilai rujukan (<34).skrg ini keluhan yang saya rasakan adalah ulu hati saya sakit. kira-kira bagaimana dok solusinya? terimakasih.

Dokter Menjawab :
Kepada Yth.
Bp/Sdr Akbar Rizki

Menurut saya, Anda tidak keracunan obat. Hanya mungkin Anda sudah ada gangguan asam lambung. Sehingga kalau mendapat obat yang bersifat merangsang asam lambung akan menimbulkan perih di ulu hati. Untuk SGPT dan SGOT yang meningkat perlu diobservasi lebih lanjut penyebabnya. Sementara dapat minum obat maag dan curmino untuk menjaga fungsi hatinya.


Salam hormat,

Dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM

Pertanyaan dari anton
Jumat, 07 Maret 2014 - 03:01:25

Malam dok, Tgl 13 feb saya opnam dan dinyatakan positif hepatitis b. Dengan hasil lab, sgot 108.90 sgpt 242.70. Bilirubin total 1.40. Gt 197.60. Alkaline 248. Hbsag kuantitatif 1973.57. Anti acv negatif. Anti hav negatif. Lalu 1mggu kemudian saya cek kembali sgot 68 sgpt 118. Hbeag reaktif. Hbv dna 9.36x10^5. Terakhir saya cek darah tgl 1 maret sgot 48 dan sgpt 63. Yg mau saya tanyakan, Apakah hepatitis saya termasuk akut atau kronis? Apakah perlu mengkonsumsi obat antivirus(hepsera)? Apakah obat tersebut mempunyai efek samping,krn hrs diminum minimal 10bulan? Sekarang saya rutin mengkonsumsi hp pro dan hepamax. Apakah bisa sembuh hanya dgn mengkonsumsi 2 obat tersebut? Terima kasih.

Dokter Menjawab :
Kepada Yth.
Bp/Sdr Anton

Sebaiknya cek Anti HBs terlebih dahulu, hasilnya positif atau negatif. Apabila positif, berarti hepatitis akut dan perlu konsultasi dokter lebih lanjut.

 
Salam hormat,

Dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM

Pertanyaan dari yanti
Kamis, 20 Februari 2014 - 11:48:08

siang dokter saya mo tny 2hr yg lalu sy pns tinggi n sdh berobat k doktr n melakukan cek drh dgn hsl salmonella tphi 1/160 u/ msgz titer H n O sdgkn hb 14.4 hematokrit 40.6 leukosit 14.510 htg jns leukosit bas 0 Eos 1 Bat 0 seg 72 limf 21 mono 6 trombosit 370.000 eritrosit 4.83 led 56 sgot 45 n sgpt 71 kiraz sy skt ap y dokter d tunggu jawabannya tx

Dokter Menjawab :
Kepada Yth.
Ibu/Sdri Yanti

Bila melihat hasil lab, Anda ada kemungkinan kena thypus. Kenaikan leukosit menunjukkan adanya kenaikan infeksi bakteri yang disini kemungkinan Salmonella Thyposa.

Kenaikan SGPT/SGOT bisa karena thypusnya yang kita sebut Hepatitis Thyposa. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan bisa minum temulawak yang mengandung curcumin.

Salam hormat,

Dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM

Pertanyaan dari bram
Rabu, 12 Februari 2014 - 21:33:14

Malam dok saya mau tanya Saya sudah hampir 2 minggu skit kuning saya cek malaria 1 2 3 negatif Kemudian hepatitis a b c saya juga negatif Tapi kenapa sgot dan sgpt dan bilirubin sy tinggi ya?? Ginjal saya bagus

Dokter Menjawab :
Kepada Yth.
Bp/Sdr Bram

Hepatitis bukan hanya disebabkan karena infeksi saja. Kenaikan SGOT/SGPT bisa karena obat-obatan misalnya kebanyakan obat yang mengandung parasetamol seperti pada obat-obat flu atau bisa juga karena alkohol atau perlemakan hati karena banyak makan makanan yang mengandung lemak.

Untuk membantu memperbaiki fungsi hati dapat dengan minum temulawak yang mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai hepatoprotektor.

Salam hormat,

Dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM

Pertanyaan dari Ade
Senin, 10 Februari 2014 - 13:28:29

Pagi Dok, Saya (P/38thn) baru saja terima hasil med-check, hasil yang diberi tanda khusus adalah sbb: SGOT : 39 SGPT : 47 GGT : 67 Apakah arti dari angka2 tersebut? Bagaimana cara memperbaikinya? Terima kasih, Ade

Dokter Menjawab :
Kepada Yth.
Bp/Ibu Ade

Hasil lab tersebut hanya menunjukkan kenaikan fungsi hati. Bisa hanya karena capek atau memang sudah ada gangguan hepatitis atau fatty liver. Perlu tambahan pemeriksaan HBsAg dan Anti HCV. Untuk sementara, dapat dibantu dengan konsumsi Curmino Plus satu kali sehari 2 kapsul.

Salam hormat,

Dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM

« First< Prev123Next >Last »

Visit our page on Facebook
Follow us on Twitter
See our video